free hit counter HIPNOTERAPI MODEREN - HIPNOTERAPI SURABAYA : 081234 000 985 GARANSI

HIPNOTERAPI MODEREN

 

Hypnotherapy Moderen Adalah Client-Centered Therapy

Hypnotherapy Moderen Adalah Client-Centered Therapy

 

Hypnotherapy moderen mulai dikembangkan sejak abad 18 melalui konsep awal yang diperkenalkan oleh Franz Anton Mesmer, yang dikenal dengan istilah magnetism atau mesmerisme.

Format awal yang diperkenalkan oleh Mesmer ini belum menggunakan istilah Hypnosis atau Hypnotherapy (istilah Hypnosis diperkenalkan oleh James Braid), akan tetapi konsepnya sudah sangat mirip dengan Hypnotherapy, yaitu melalukan intervensi terapeutik pada saat seseorang dalam keadaan trance. Tentu saja pada saat itu pemahaman Mesmer terhadap kondisi trance, terutama kaitannya dengan efek terapeutik, masih sangat terbatas. Bentuk awal sugesti yang dikembangkan adalah pola “Direct Suggestion” atau sugesti langsung, sehingga tidak mengherankan jika efektifitas Hypnotherapy sebagai metode penyembuhan psikologis sangatlah rendah. Ternyata, keadaan trance yang dalam sekalipun tidak serta merta dapat membuat seseorang dapat menerima dengan mudah suatu sugesti perubahan.

Dengan fakta ini, maka justru ranah Stage Hypnotism yang berkembang dengan jauh lebih pesat ke segenap penjuru dunia, sebaliknya Hypnotherapy tidak begitu populer, apalagi ketika dunia psikologi memperkenalkan metode psikoterapi yang dianggap lebih manusiawi.

Jelang tahun 70-an Hypnotherapy mulai menemukan wajah barunya, terutama ketika Hypnotherapy mulai digunakan oleh para psikoterapis profesional, antara lain Dr. Milton Erickson, seorang psikiater yang dikabarkan menggunakan metode Hypnotherapy kepada belasan pasiennya, setiap hari, sampai akhir hayatnya.

Hypnotherapy mulai memasuki paradigma baru yang dikenal dengan istilah : Client-Centered Therapy (yang diperkenalkan oleh Carl Roger, seorang Psikolog Humanistik).

Apakah yang dimaksud dengan Client-Centered Therapy dalam Hypnotherapy ?

Dalam suatu sesi Hypnotherapy, seorang Hypnotherapist benar-benar bertindak sebagai seorang fasilitator, untuk membantu Client agar dapat menemukan akar permasalahannya, dan membantu Client agar dapat menemukan sumber-daya penyelesaian yang berasal dari dirinya sendiri.

Seorang Hypnotherapist dalam paradigma Client-Centered Therapy umumnya kaya dengan teknik-teknik terapeutik, terutama dalam upaya untuk membantu Client dalam menemukan akar permasalahannya. Sebagai contoh, penerapan teknik Age Regression, teknik Parts Therapy, dll, yang mungkin merupakan teknik yang asing bagi mereka yang berasal dari rumpun Mesmerisme.

Nah, mungkin sekarang kita mulai dapat mengamati berbagai fenomena praktek Hypnotherapy disekitar kita. Jika lebih bernuansa “Direct Suggestion”, maka dapat dipastikan ini adalah sisa peninggalan era Mesmer, akan tetapi jika lebih banyak berorientasi ke diri Client, maka mungkin ini adalah praktek dari Client-Centered Therapy.

 

MAHASISWA GAGAP BISA LULUS KULIAH

Hipnoterapi atau pengobatan mahasiswa Gagap (stuttering hypnotherapy) 1xsesi 2.5jam di Klinik Hypnoterapi Surabaya menciptakan mahasiwa Bali bakal kuliah lagi (gagap sejak IV SD).

Datanglah di Klinik Hipnoterapi kami di Surabaya, satu orang remaja laki-laki dari Bali diantar oleh orang tuanya. Remaja ini menderita gagap sejak mungil, lebih kurang kelas IV SD. Meskipun berkata berdua saja, remaja ini telah gagap bicaranya. Sempat kuliah di Bali tahu kemarin, tapi cuma kurang lebih 1 th kemudian tak kuliah lagi sebab merasa kesusahan bicara & minder. Wajahnya senantiasa murung.

Sesudah aku mewawancara dgn ayahnya dengan cara terpisah, nyatanya beliaupun lalu dikala mungil sempat gagap, namun makin dewasa gagapnya telah menghilang. Rupanya gagapnya ini menurun ke putranya. Menurut ayahnya, sang putra ini amat jarang berkata. Bahkan membeli bakso di depan rumahnya saja takut. Maunya berbicara responsif saja, adalah berbicara seandainya ditanya saja. Itupun dapat dijawab kalau pertanyaan yg “closed question”, yg jawabannya “ya”atau “tidak”, atau pilihan berganda.

Ayahnya datang dari Bali sesudah membaca weblog aku, & merasa percaya ada solusi bagi putranya. Jarak pulau Bali & Surabaya tidaklah dekat, namun sebab keyakinan kuat, datanglah sang Ayah ini dengan bersama sang istri & putranya. Saar bicara berdua dgn aku pribadi dgn pemuda ini, timbul kesusahan berkata terhadap nyaris seluruh kata & kalimat yg diucapkan. Aku ajarkan relaksasi dulu buat menghilangkan stress-nya, biar bicaranya lebih kalem & tidak tersendat. Namun sesudah tenang 10 menit seterusnya, nyatanya tetap serta susah bicara. Menjadi aku simpulkan, memang lah dengan cara fisik pemuda ini gagap (gabungan gagap fisik & gagap mental). Terlebih ayahnya serta menyebut gagap selama mungil(factor genetika).

Dulu aku urut syaraf berkata di seputar wajah & leher. Rupanya syaraf-syaraf bicaranya amat kaku. Dibutuhkan kala nyaris 2 jam buat mengurut syaraf-syaraf bicaranya. Sambil aku urut, aku mengajarinya utk mengurut sendiri, biar kelak sanggup dilakukan sendiri tiap-tiap hri disaat pulang ke rumahnya.

Pada prinsipnya, aku melakukan terapi terintegrasi sbb :
Perubahan pola pikir lewat psikoterapi & hipnoterapi, biar bicaranya tidak tersendat.
Memberikan & mengajarkan teknik urut syaraf berbicara.
Memberikan terapi wicara & teknik-teknik yakin diri dalam berkata.
Praktek berkata lewat speech-coach, buat membuktikan teknik-teknik yg sudah diberikan, & sekaligus memperlancar berkata.
Memberikan tugas-tugas di hunian pasca terapi, dikarenakan masalah gagapnya yg aku nilai pass “besar”.

Terhadap akhir hipnoterapi, sang ayah ini menilai ada hasil amat signifikan ter hadap proses terapi ini. Sang putra sekarang ini mulai sejak sanggup diajak berkata panjang, menuturkan sesuatu bersama lebih panjang & gagapnya jauh menyusut.

Terhadap akhir 1x sesi terapi 2.5 jam ini, sang ayah (yg pula sempat gagap selama mungil), mengemukakan : “Ya, aku percaya metoda Pak Luckyi akan menyembuhkan anak aku bersama segera. Terlebih ditambah dgn tugas-tugas yg dapat dilakukan di Bali kelak, termasuk juga system urut syaraf wajah. Kemauan kuliahnya amat akbar. Semoga dgn serentak beliau sanggup sembuh”

Berikut ini testimoni sang mahasiswa dari Bali ini :
Yg aku rasakan sesudah proses hypnoterapi aku dapat diajarkan dengan cara apa caranya jalankan bicara dalam menghilangkan gagap berkata.
Tetapi biarpun aku amat jauh sekali datang dari Bali ke Surabaya, aku mensyukuri lantaran penting sekali bagi masa depan aku.
Semoga secara hypnoterapi aku mampu menyelesaikan masalah apapun di disaat aku menghadapi lawan berkata aku. Namun aku suka sekali berada di Bandung.
(Nama & Ponsel pasien ada di kami)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *